Pada upacara dies natalis IST AKPRIND ke-47 berlangsung dalam nuansa yang berbeda. Kali ini, peringatan dies natalis yang dilaksanakan pada Senin (13/5) bertepatan dengan bulan ramadhan yang penuh berkah. Upacara dilangsungkan di auditorium IST AKPRIND Yogyakarta yang dihadiri seluruh sivitas akademik (pimpinan institut, dosen, tendik, dan perwakilan mahasiswa serta alumni) dan beberapa tamu undangan dari LLDIKTI Wilayah 5, pejabat sipil, militer, dan kepolisian di wilayah Kota Yogyakarta. 

Foto bersama beberapa staf Teknik Kimia sebelum upacara dies natalis

Upacara dies natalis dengan tema “Akselerasi Pengembangan Institusi dengan Penjaminan Mutu Berkelanjutan” diharapkan dapat meningkatkan kinerja Institusi menjadi excellence dengan berbasis penjaminan mutu secara terus menerus. Hal ini sesuai dengan orasi ilmiah pada dies natalis yang disampaikan oleh Ir. Abdul Halim / Alumni Statistika IST AKPRIND (Asesor Global Performance Excellence Award, Asia Pacific Quality Organization) bahwa mutu pendidikan perlu ditingkatkan dengan konsep Business Excellence (BE) sesuai era Revolusi Industri 4.0 saat ini. Pemilihan BE dianggap sesuai untuk sektor pendidikan karena BE memberikan kerangka kerja (framework) untuk meningkatkan kinerja organisasi dan mendapatkan hasil yang berkelanjutan. Kinerja organisasi tersebut meliputi: 1) kinerja produk dan proses, 2) kinerja pelanggan (student), 3) kinerja tenaga kerja, 4) kinerja kepemimpinan, dan 5) kinerja keuangan dan pasar.

Ir. Abdul Halim (tengah) bersama Ketua Senat (kiri) dan Ketua Yayasan Pembina Potensi Pembangunan (kanan)

Setelah pembacaan orasi ilmiah, upacara dies natalis juga memberikan penghargaan bagi dosen, tendik, dan mahasiswa yang berprestasi di tingkat institut. Yang membedakan dari tahun sebelumnya, pengahargaan juga diberikan kepada alumni IST AKPRIND yang telah membantu dan membanggakan nama baik kampus yang diraih oleh Ir. Toharso, M.M. (Mantan Direktur Utama Pertamina Retail). Sedangkan untuk tendik berprestasi, Jurusan Teknik Kimia mewakilkan seorang tendiknya yaitu Erciana Mahmudah, S.T. yang memperoleh Juara II Tendik Berprestasi. Erciana, sapaan akrabnya saat ini menjabat sebagai Laboran di Laboratorium Proses Kimia. Laboratorium yang dikhususkan bagi mahasiswa teknik kimia untuk melaksanakan penelitian.

Erciana Mahmudah (nomer lima dari kiri) berfoto bersama penerima penghargaan dosen, tendik, dan mahasiswa berprestasi 2019

Sekali lagi, Jurusan Teknik Kimia mengucapkan selamat untuk prestasinya dan semoga dapat memacu kinerja SDM untuk bekerja lebih baik lagi. (dw)

Baca Juga: 47 tahun, IST AKPRIND Konsisten kedepankan Penguasaan Pengetahuan dan Teknologi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here