PROFIL LULUSAN S-1 TEKNIK KIMIA

No.

Profil Lulusan

Keterangan

1. Pengelola pabrik/industri Sarjana Teknik Kimia diharapkan mampu berperan sebagai pengelola suatu pabrik/industri kimia, dengan kualifikasi: (1) mampu mengendalikan proses yang berlangsung dalam suatu unit alat atau sistem, (2) mampu mengoperasikan alat-alat proses maupun alat-alat kontrol, dan (3) mampu mengoptimalkan kondisi proses dalam suatu pabrik dan memilih sumber daya yang diperlukan, sehingga pabrik yang dikelola dapat menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya dengan tetap mempertimbangkan keberlang-sungan pabrik serta kesejahteraan pegawai/karyawan, kesejahteraan masyarakat maupun dampak lingkungan.
2. Konsultan pabrik/industri Sarjana Teknik Kimia diharapkan mampu berperan sebagai konsultan suatu pabrik khususnya industri kimia, dengan kualifikasi mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada: (1) proses yang berlangsung dalam suatu unit alat, (2) penggunaan alat-alat proses maupun alat-alat kontrol, dan (3) proses optimalisasi kondisi operasi dalam sistem, sehingga dapat menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya dengan tetap mempertimbangkan keberlangsung-an pabrik dan dampak terhadap lingkungan.
3. Pendidik Sarjana Teknik Kimia diharapkan mampu berperan sebagai pendidik dalam sistem Pendidikan Tinggi, dengan kualifikasi: (1) mempunyai kemampuan untuk melakukan transfer ilmu pengetahuan, (2)  mengembangkan ilmu pengetahuan dengan melakukan penelitian, membuat laporan, dan publikasi ilmiah, (3) melakukan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni, dan (4) bertanggung jawab serta mampu menye-lesaikan tugas-tugasnya (fungsional maupun struktural) yang harus diselesaikan sebagai pendidik.
4. Wirausahawan Sarjana Teknik Kimia diharapkan mampu berperan sebagai wirausahawan, dengan melakukan usaha yang dapat memberikan keuntungan bagi pengusaha maupun pegawainya dengan mempertimbangkan kesejahteraan karyawan maupun dampak positip terhadap lingkungan.
5. Peneliti Sarjana Teknik Kimia diharapkan mampu berperan sebagai peneliti, dengan melakukan proses penelitian untuk dapat menyelesaikan permasalahan dan menghasilkan penemuan/ inovasi baru khususnya di bidang teknik kimia dan menyampaikan hasil penelitiannya dalam bentuk karya ilmiah serta mempublikasikannya.