Jurusan teknik kimia IST AKPRIND Yogyakarta sebagai salah satu jurusan yang membuka peluang kerjasama dengan instansi lain, menerima guru kimia SMA Kolese Saõ Francisco Xavier Dare Timor Leste untuk kegiatan pelatihan praktikum. Guru kimia tersebut bernama Anita de Araújo Soares, L.Ed. Anita bercerita bahwa kegiatan praktik kimia di sekolahnya yang diajarkan masih minim dan kurang mahir dalam penggunaan peralatan laboratorium, sehingga ia ingin mengikuti pelatihan praktikum kimia. Ia mengetahui teknik kimia IST AKPRIND dari saudaranya yang kuliah di IST AKPRIND pula.

Jurusan teknik kimia menyambut baik keinginan Anita, maka kegiatan pelatihan praktikum dapat dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 4-10 Januari 2019. Sri Rahayu Gusmarwani, S.T., M.T. selaku Ketua Jurusan menyampaikan “Jurusan terbuka dengan instansi dari luar yang ingin bekerjasama baik kegiatan praktikum, penelitian, praktik kerja, dan sebagainya, maka hal seperti ini perlu dilanjutkan hingga ke MoU dengan instansi tersebut.” Materi pelatihan praktikum yang dilakukan meliputi:

  1. Pengenalan terhadap Laboratorium Teknik Kimia (Peralatan dan Bahan Kimia)
  2. Dasar – Dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Laboratorium
  3. Dasar – Dasar Stoikiometri (Penentuan Molaritas, Normalitas, Pengenceran, dan Fraksi Mol)
  4. Teknik Titrasi Asam Basa (Asidimetri)
  5. Teknik Permanganometri
  6. Teknik Argentometri
  7. Teknik – Teknik Pemisahan (Distilasi, Ekstraksi, Filtrasi, dan Leaching)
  8. Percobaan Hidrolisa Pati
  9. Penggunaan Spektrofotometer UV-Vis
  10. Penggunaan Kolorimeter
Anita melakukan kegiatan praktikum bersama Triyono Rahajo (Laboran) di Laboratorium Kimia Dasar dan Kimia Analisa
Aktivitas penggunaan alat praktikum oleh Anita bersama Supriyati (Laboran) di Laboratorium Kimia Organik dan Kimia Fisika

Praktikum kimia membutuhkan pendampingan oleh pengajar karena resiko bahaya yang ditimbulkan besar, seperti peralatan kaca yang rawan pecah dan bahan kimia yang beracun dan iritan. Dosen, beberapa laboran, dan asisten praktikum teknik kimia ikut mendampingi selama kegiatan berlangsung. Anita antusias mengikuti kegiatan praktikum dan mempraktekkan cara penggunaannya di laboratorium.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian sertifikat pelatihan sebagai bukti keahlian peserta praktikum yang telah dilakukan. Sri Rahayu Gusmarwani, S.T., M.T. juga menindaklanjuti kerjasama yang pada awalnya bersifat personal dapat berlanjut ke MoU dengan SMA Kolese Saõ Francisco Xavier Dare, Timor Leste. (dw)

Pemberian sertifikat pelatihan praktikum teknik kimia
Foto bersama Anita dengan dosen teknik kimia (Sri Rahayu Gusmarwani dan Dewi Wahyuningtyas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here