Demi menjaga kontinuitas kegiatan tridarma perguruan tinggi, beberapa dosen teknik kimia beserta laborannya mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk workshop. Workshop dengan tema “Pengolahan Sampah Berbasis Masyarakat” ini diadakan pada tanggal 20 Juli 2019 di BAKORWIL Pati, Jawa Tengah dengan menggandeng beberapa elemen masyarakat baik dari akademisi kampus dan sekolah, praktisi, dan lembaga pemerintah daerah setempat. Acara diselenggarakan oleh Komunitas GaGeGo Organik (3GO) dengan Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada.

IST AKPRIND Yogyakarta mendelegasikan dua orang dosen yaitu, Sri Rahayu Gusmarwani, S.T., M.T., dan Dewi Wahyuningtyas, S.T., M.Eng. serta dua orang tendik yaitu Anif Rijalul Islam, A.Md, dan Pandu Febriyanto, S.T. Selama workshop, jurusan teknik kimia juga ikut melakukan penandatangan kerjasama MoU dengan Komunitas 3GO untuk kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Foto Penandatanganan MoU Jurusan Teknik Kimia dan Komunitas 3GO pada 20 Juli 2019

Hal ini tentunya dapat memperluas jaringan bagi kedua pihak serta dapat menerapkan teori dan prakteknya terkait masalah-masalah pertanian, peternakan, dan masalah organik lainnya.

Delegasi Teknik Kimia dalam Mengikuti Workshop

Materi yang disampaikan selama workshop sangat beragam mulai dari beberapa teknologi pengolahan sampah dari yang sederhana dijadikan kompos hingga biogas, serta pengolahan sampah plastik dengan pirolisis. Selain itu, ada beberapa demo dan pameran hasil olahan sampah yang ditampilkan. Kegiatan pengabdian masyarakat terkait sampah tidak hanya kaitan dengan lingkungan saja, tetapi ke semua bidang kehidupan.(dw)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.