Setelah melalui serangkaian proses panjang (eksperimen laboratorium, pembuatan laporan, monitoring dan evaluasi eksternal), perjuangan tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) jurusan teknik kimia membuahkan hasil manis. Tim PKM-PE alhamdulillah berhasil lolos sebagai peserta PIMNAS ke-30 Tahun 2017. Tim yang diketuai Angli Pramudita Kusuma (Angkatan 2015) dan beranggotakan 3 orang yaitu Abidah Walfathiyyah (2015), Febi Nur Cahya Witana (2016) dan Nurizza Qusyairi (2016). Judul PKM-PE mereka adalah “Optimasi Penambahan Plasticizer Gliserol terhadap Karakteristik Edible Film dari Pati Enceng Gondok (Eichornia crossipes).”

Dari 3918 proposal yang lolos pendanaan PKM 5 Bidang tahun 2017, sebanyak 420 proposal berhasil lolos sebagai peserta PIMNAS 2017. Dua tim dari Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta berhasil lolos ke PIMNAS 2017 yaitu PKM-M dari Teknik Geologi yang dibimbing oleh Ibu Nurul Dzakiya, S.Si., M.Sc. dan PKM-PE dari Teknik Kimia yang dibimbing oleh Ibu Dewi Wahyuningtyas, S.T., M.Eng. Kegiatan PIMNAS ke 30 Tahun 2017 akan berlangsung dari 23-28 Agustus 2017 di Universitas Muslim Indonesia, Makassar.

Ide tim PKM-PE mereka berasal dari kelimpahan tanaman enceng gondok yang tumbuh subur dan belum termanfaatkan dengan baik di sekitar daerah Turi, Sleman, Yogyakarta. Padahal menurut tim PKM-PE dari telaah pustaka, kandungan selulosa dari enceng gondok kering cukup tinggi yaitu 64,51%. Hal ini lah yang mendasari bahwa potensi enceng gondok sebagai bahan pembuatan edible film (plastik ramah lingkungan dan dapat dimakan) juga besar. Berangkat dari ide sederhana mereka tersebut, judul mereka pun dapat lolos hingga ke PIMNAS 2017.

Tim PKM-PE saat kegiatan monitoring dan evaluasi di UNY pada tanggal 14 Juli 2017

Jurusan Teknik Kimia mengharapkan dan berdoa “Semoga Tim PKM-PE dapat berjuang semaksimal mungkin dan mengukir prestasi lagi di PIMNAS 30 yang akan dilangsungkan pada 23-28 Agustus 2017 ini.”


Logo PIMNAS 30 di Universitas Muslim Indonesia, Makassar

Selamat untuk tim PKM-PE, jurusan teknik kimia. Jayalah IST AKPRIND Yogyakarta!

Lampiran: PKM 2017 PIMNAS – Publish Peserta (dari http://belmawa.ristekdikti.go.id)

2 KOMENTAR

  1. Sudah hebat Tim PKM-PE dan Tim PKM-M bisa sampai PIMNAS, jangan patah semangat dan siap ikuti eventnya kembali dan raih prestasi lagi!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here