Teknik Kimia IST AKPRIND Terima Kunjungan Studi Banding Univesitas Wahid Hasyim

Teknik Kimia IST AKPRIND Terima Kunjungan Studi Banding Univesitas Wahid Hasyim

Eksistensi jurusan Teknik Kimia IST AKPRIND mampu menarik perhatian bagi Perguruan Tinggi lain yang memiliki program studi yang sama. Hal tersebut terlihat dari hadirnya rombongan dosen dari Fakultas Teknik dan Jurusan Teknik Kimia Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Semarang , Rabu (14/10). Kehadiran para dosen Unwahas tersebut dalam rangka studi banding kurikulum dan proses pembelajaran jurusan Teknik Kimia. Serta menggali informasi berkaitan dengan pelaksanaan hibah Program Studi Menerapkan Kerjasama Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Acara studi banding Jurusan Teknik Kimia dan Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Unwahas Semarang di Jurusan Teknik Kimia dan Jurusan Teknik Mesin IST AKPRIND Yogyakarta

Rombongan dari Unwahas dipimpin oleh Ketua Jurusan Teknik Kimia, Indah Riwayati, S.T., M.T., didampingi oleh Laeli Kurniasari, S.T., M.T., Rita Dwi Ratnani, S.T., M.Eng., Farikha Maharani, S.T., M.T. , Indah Hartati, S.T., M.T., serta Fatnawati Nur Hidayahm S.Si. yang semuanya dari jurusan Teknik Kimia. Kehadiran rombongan dosen Unwahas di terima oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri IST AKPRIND, Dr. Ir. Toto Rusianto, M.T., Ketua Jurusan Teknik Kimia Sri Rahayu Gusmawarni, S.T.,M.T., Ketua jurusan Teknik Mesin, Nidia Lestari, S.T., M.Eng., serta para dosen dari lingkungan Jurusan Teknik Kimia dan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri.

Seperti telah diketahui bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa tiga Program Studi di lingkungan IST AKPRIND Yogyakarta sebagai penerima Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Hal tersebut berdasarkan surat dari Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi bernomor : 2087/E2/BP/2020, tertanggal 31 Agustus 2020. Ketiga program studi tersebut berhak memperoleh program bantuan untuk menyempurnakan kurikulum dan mengimplementasikan berbagai bentuk kerja sama dengan mitra yang mendukung pelaksanaan program MBKM. Program ini ditujukan bagi program studi yang telah atau akan melakukan upaya dan tindakan nyata dalam melakukan re-orientasi kurikulum program studinya. (tdj)

Selain kegiatan diskusi pembahasan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Jurusan Teknik Kimia Unwahas juga diajak mengunjungi Laboratorium Teknik Kimia IST AKPRIND di Kampus II. Pada saat kunjungan ke laboratorium, kegiatan pembuatan video praktikum secara online oleh asisten laboratorium dibantu peserta magang sedang dilakukan.

Kunjungan Jurusan Teknik Kimia Unwahas Semarang ke Laboratorium Teknik Kimia IST AKPRIND

Laboratorium yang dinaungi meliputi Laboratorium Kimia Dasar dan Kimia Analisa, Laboratorium Kimia Fisika dan Kimia Organik, Laboratorium Operasi Teknik Kimia, dan Laboratorium Proses Kimia. Pembahasan peluang kerjasama dalam penelitian dan pengabdian bersama menjadi agenda dalam pertemuan tersebut. Kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa juga diharapkan dapat dilakukan secara bersama di kampus Unwahas dan IST AKPRIND. (dw)

Leave a Reply

Your email address will not be published.