Studi ekskursi merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa teknik kimia di semester 5. Studi ekskursi atau lebih dikenal kunjungan industri dilaksanakan secara rutin setiap setahun sekali oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) IST AKPRIND. Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memperkenalkan mahasiswa terhadap dunia kerja industri yang sesungguhnya dan peralatan industri kimia secara nyata.

Tahun 2018, kegiatan Studi Ekskursi (SE) mahasiswa teknik kimia berkunjung ke wilayah industri Jawa Timur dan Bali. Industri yang dikunjungi antara lain PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk yang berlokasi di Tuban, Jawa Timur dan PT. Sinar Sosro yang berlokasi di Gianyar, Bali. Kegiatan ini diikuti oleh 35 mahasiswa teknik kimia angkatan 2016 dan 6 orang panitia dari mahasiswa angkatan 2015, serta dosen pendamping Ibu Dewi Wahyuningtyas S.T, M.Eng. Kegiatan ini dilakukan selama 6 hari pada tanggal 10 – 15 Juli 2018, berangkat pada tanggal 10 Juli 2018 pukul 20.00 diawali dengan doa bersama dari kampus IST AKPRIND Yogyakarta.

Tanggal 11 Juli 2018 pada pukul 08.00 WIB, kunjungan pertama di PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk disambut dengan antusias. Kegiatan diawali dengan presentasi dari perusahaan tentang sejarah, produk, cara pembuatan semen hingga menjelaskan pula tentang alat- alat yang di gunakan untuk pembuatan semen. Peserta antusias dengan paparan yang dijelaskan pihak perusahaan dan banyak pula yang bertanya.

Penjelasan awal area PT. Semen Indonesia, Tbk. Tuban
Penjelasan profil perusahaan dan proses di kelas

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari pihak IST AKPRIND Yogyakarta dan PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk. Kegiatan diakhiri dengan plan tour ke area proses penambangan, proses, dan reklamasi penambangan batu kapur. Kegiatan dilanjutkan perjalanan menuju Bali. 

Pemberian Cinderamata dari PT. Semen Indonesia, Tbk.
Foto bersama peserta studi ekskursi teknik kimia ke PT. Semen Indonesia, Tbk.
Area reklamasi penambangan batu kapur

Kunjungan industri kedua di PT. Sinar Sosro yang berlokasi di Gianyar, Bali pada tanggal 12 Juli 2018 pukul 08.00 WITA. Mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta datang berbarengan dengan mahasiswa teknik kimia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Kegiatan diawali pemutaran video profil perusahaan dan prosesnya di dalam ruangan.

Pemaparan Materi PT. Sinar Sosro, Gianyar Bali

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan plant tour ke area proses perusahaan dan dilanjutkan diskusi kembali di dalam ruangan. Para peserta baik dari IST AKPRIND dan UPN Yogyakarta aktif bertanya terkait proses dari awal pengolahan bahan baku daun teh hingga ke pengolahan limbahnya. Kegiatan dilanjutkan pemberian cinderatama dan diakhiri pemberian paket minuman teh kotak sosro kepada seluruh peserta kunjungan.

Pemberian cinderamata kepada PT. Sinar Sosro
Foto bersama peserta studi ekskursi teknik kimia ke PT. Sinar Sosro, Gianyar Bali

Selesai kunjungan dari PT. Sinar Sosro, peserta melanjutkan kegiatan santai dan menghibur peserta. Kegiatan tersebut antara lain: mengunjungi Monumen Braja Shandi, Denpasar, menonton pertunjukan tari kecak, wisata ke Tanjung Benoa dan pantai Pandawa, wisata ke Joger dan Bedugul. Pada tanggal 14 Juli 2018, peserta melanjutkan perjalanan pulang dan tiba di kampus IST AKPRIND Yogyakarta pada 15 Juli pukul 10.00 WIB. Kegiatan Studi Ekskursi Teknik Kimia 2018 berjalan lancar, semangat, penuh ilmu dan pengalaman. (dw)

Monumen Braja Shandi, Denpasar
Pertunjukan Tari Kecak
Pantai Pandawa, Bali
Keindahan Pantai Pandawa dengan kegiatan mendayung perahu kano
Foto bersama di Bedugul

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here