Pada tanggal 6-10 Februari 2018, seluruh laboran teknik kimia IST AKPRIND mengikuti pelatihan dan sertifikasi Petugas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kimia. Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh PT Wahana Totalita Yogyakarta bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI. Ada empat laboran yang dikirimkan untuk mengikutinya, yaitu:

  1. Bapak Triyono Rahardjo (Laboran di Laboratorium Kimia Dasar dan Kimia Analisa)
  2. Bapak Arif Nur Widiyanto (Laboran di Laboratorium Operasi Teknik Kimia)
  3. Ibu Supriyati (Laboran di Laboratorium Kimia Organik dan Kimia Fisika)
  4. Ibu Erciana Mahmudah, S.T. (Laboran di Laboratorium Proses Kimia)

Training Petugas K3 bertujuan untuk mempersiapkan peserta menjadi calon Petugas K3 Kimia di tempat kerjanya seperti yang dimaksud UU No. 1 Tahun 1970 dan peraturan pelaksanaannya tentang pengendalian bahan kimia berbahaya di tempat kerja sesuai Keputusan Menaker No. KEP 187/MEN/1999. Training ini sangat penting bagi setiap perusahaan yang menyimpan, menggunakan, atau memproduksi bahan-bahan kimia yang dapat menimbulkan bahaya di tempat kerja. Risiko penggunaan bahan kimia adalah risiko yang cukup tinggi dan bisa menimbulkan kecelakaan katastropik yang menimbulkan kerugian besar bagi perusahaan dan lingkungan. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan dan kerugian tersebut, maka perlu dilakukan pengelolaan bahan-bahan dan proses kimia yang digunakan.

Instruktur yang melatih berasal dari Tim Ahli Kemnaker RI yang sudah profesional di bidangnya. Pelatihan ini tidak hanya melalui presentasi materi di kelas, tetapi juga case study di lapangan langsung yaitu di PT MAK (Mega Andalan Kalasan) Yogyakarta. PT MAK bergerak di bidang manufaktur varian lengkap peralatan rumah sakit dan telah bersertifikat Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) OHSAS 18001:2007.

Pelatihan dilaksanakan selama kurang lebih lima hari termasuk pelaksanaan tes bagi para pesertanya. Alhamdulillah, keempat laboran teknik kimia IST AKPRIND berhasil lolos dan memperoleh sertifikat Petugas K3 Kimia. Selamat untuk semuanya!

Dokumentasi:

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here