IST AKPRIND Yogyakarta kembali menunjukkan prestasi mahasiswa-mahasiswanya di Tingkat Nasional. Hal itu terbukti dari raihan 4 judul PKM dinyatakan lolos Penugasan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2018 dan 2 judul Praproposal Program Hibah Bina Desa (PHBD) 2018.

 

Hal tersebut tertuang dalam info Belmawa Kementerian Risetdikti tanggal 3 April 2018:

  1. Lampiran surat Kementerian Risetdikti Nomor 1020/B3.1/KM/2018 tentang Penugasan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Tahun 2018
  2. Lampiran surat Kementerian Risetdikti Nomor 1007/B3.3/KM/2018 tentang Daftar Praproposal Program Hibah Bina Desa yang Lolos Penilaian Tahap 1 

Adapun rincian jumlah PKM yang lolos yaitu 2 judul PKM Penelitian Eksakta (PE), 1 Judul PKM Pengabdian Masyakarat (M) dan 1 judul PKM Kasa Cipta (KC). Judul PKM yang lolos meliputi:

  1. PKM-KC: Pemanfaatan Sensor Warna TCS230 sebagai Identifikasi Perkembangan Luka Menuju Penyembuhan Berbasis Arduino diketuai oleh Herza Taufiq Marhuda (Teknik Elektro)
  2. PKM-M: Modifikasi Gorong-gorong sehingga Air Permukaan Kembali ke Resapan Air Tanah dan Mengantisipasi Kontur Tanah yang Ambles diketuai oleh Siti Imroatin (Teknik Kimia)
  3. PKM-PE: Optimasi Pembuatan Nitroselulosa Grade Pyro dari Daun Nanas Sebagai Upaya Mendukung Mandiri Energi dan Memanfaatkan Sumber Daya Alam Indonesia diketuai oleh Setiadi (Teknik Kimia)
  4. PKM-PE: Sintesis Mikrokristalin Selulosa Dari Daun Jambu Biji Sebagai Obat Diare diketuai Vinsensius Fererius Cakreswara A.S. (Teknik Kimia)

Sedangkan, judul dari program PHBD yang berhasil lolos praproposal meliputi:

  1. Dewi Buku: Desa Wisata Bugel Kulon Progo Revolusi Menuju Konservasi Airtanah, Ekowisata Dan Mitigasi Banjir Lahar Dingin Melalui Program MOP “Miracle of Organic Pipe” Pasca Erupsi Gunung Merapi 2010 dari HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK GEOLOGI “GAIA”
  2. Eco-solar Light Sebagai Penerangan Alternatif Guna Mendukung Ketahanan Energi Listrik Dan Meningkatkan Taraf Ekonomi Melalui Program Esl-ekspedisi (edukasi Dan Inovasi) Di Dusun Bawuran I dari Satuan Resimen Mahasiswa

Jurusan Teknik Kimia patut berbangga dengan prestasi mahasiswanya karena 3 (tiga) tim dari 4 tim PKM yang lolos se-IST AKPRIND Yogyakarta berasal dari Teknik Kimia. Segenap pengurus jurusan, dosen pembimbing, dan dosen jurusan mengucapkan “Selamat atas pendanaan proposal PKM yang telah diraih dan kami berterima kasih telah membuat Jurusan teknik kimia kembali berprestasi. Bagi seluruh tim, yang perlu diingat bahwa perjuangan masih belum usai. Semangat menuju PIMNAS 2018 di Yogyakarta untuk keempat Tim PKM yang lolos dan semangat menuju Pendanaan PHBD 2018. (dw)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here