Pada tanggal img_704317-18 Januari 2017, Jurusan Teknik Kimia Institut Sains dan Teknologi AKPRIND (IST AKPRIND)

Yogyakarta mengadakan training K3 Laboratorium dan DAMKAR di Laboratorium Pusat IST AKPRIND. Training ini diperuntukkan kepada laboran, kepala laboratorium, dan tenaga asisten dari institut dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang prosedur keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium (khususnya laboratorium kimia) serta prosedur pemadaman api saat terjadi kebakaran.

Training ini menghadirkan instruktur dari luar institut Bapak M. Sri Prasetya Budi, S.T., M.T. dan instruktur Bapak Rajwan Taufiq dari Tim DAMKAR Kota Yogyakarta. Kegiatan training diawali dengan sambutan dari Ketua Jurusan Teknik Kimia Ibu Sri Rahayu Gusmarwani, S.T., M.T. di Laboratorium Kimia Dasar & Kimia Analisa

Para peserta antusias mengikuti training selama 2 hari. Training tidak hanya dilakukan indoor, tapi juga praktek langsunglab-safety secara outdoor untuk materi pemadaman api. Training indoor dilakukan untuk materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di laboratorium. Para peserta juga melakukan simulasi peristiwa keselamatan kerja di laboratorium kimia untuk beberapa kasus yaitu:

  • Tumpahan bahan kimia di meja kerja
  • Tumpahan bahan kimia di lantai
  • Tumpahan bahan kimia di luar ruangan
  • Gempa bumi di dalam laboratorium

 

Untuk training outdoor, praktek pemadaman api dilakukan dengan 2 cara yaitu pemadaman de1ngan kain yang telah dibasahi air dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) baik jenis powder ataupun busa. Praktek diawali dari Tim DAMKAR tentang cara memadamkan api dengan kain basah kemudian praktek dari peserta secara bergantian. Sebagian besar peserta langsung berhasil memadamkan api, meskipun ada beberapa yang masih harus dalam pengawasan karena api belum padam seluruhnya.

Dengan adanya praktek langsung dan simulasi diharapkan para peserta menjadi lebih sadar dan mengerti tentang pentingnya upaya keselamatan dan kesehatan kerja. Safety is Our Priority. (ty)

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here