Mendalami Keterlibatan Dosen dalam Menanggulangi Masalah Kesehatan Mental Mahasiswa

Mendalami Keterlibatan Dosen dalam Menanggulangi Masalah Kesehatan Mental Mahasiswa

Sebuah seminar dengan tema “Peran Dosen Sebagai Lini Depan Penanganan Gangguan Mental Mahasiswa” digelar di Auditorium Kampus 1 IST AKPRIND pada tanggal 5 Februari. Acara ini dihadiri oleh seluruh dosen dari IST AKPRIND, serta beberapa perwakilan dosen dari Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Politeknik LPP, dan Politeknik YKPN. Rektor, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., membuka acara dengan menyoroti pentingnya peran dosen dalam menghadapi masalah kesehatan mental yang semakin meresahkan di kalangan mahasiswa. Beliau menekankan bahwa tugas dosen tidak hanya mencakup aspek pengajaran, tetapi juga mencakup bimbingan dan pendidikan kepada mahasiswa. Dalam kesempatan ini, Rektor juga mengajak dosen untuk menjadi garda terdepan dalam menanggulangi masalah kesehatan mental mahasiswa.

Narasumber dari UPT Layanan Bimbingan dan Konseling UNY, Nanang Erma Gunawan, M.Ed., Ph.D., dan Dr. Suwarjo, M.A., menjadi pembicara utama seminar. Presentasi Nanang membahas mitos dan fakta seputar kesehatan mental, sementara Suwarjo memaparkan data dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia yang mengindikasikan peningkatan gangguan mental pada pemuda usia 15-24 tahun. Fenomena bunuh diri di kalangan mahasiswa menjadi sorotan dalam presentasi Vequentina Puspa Indah, M.Psi., Psikolog Klinis Klinik AKPRIND by Klinik Kampus. Ia menekankan pentingnya pendekatan holistik dan pemahaman institusional terhadap kompleksitas emosi mahasiswa.

Narasumber Nanang Erma Gunawan, M.Ed., Ph.D memaparkan materi

Dalam sesi diskusi, dosen dari berbagai institusi saling berbagi pengalaman dan strategi dalam menangani gangguan mental mahasiswa. Kesepakatan bersama muncul bahwa peran dosen sangat vital dalam memberikan dukungan dan bimbingan kepada mahasiswa yang mengalami masalah kesehatan mental. Seminar ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesadaran akan peran strategis dosen sebagai garda depan penanganan gangguan mental mahasiswa, dengan harapan adanya kerjasama dan pemahaman yang lebih baik dapat meningkatkan efektivitas penanganan masalah kesehatan mental di kalangan mahasiswa. (admin.)

Leave a Reply