Memupuk Rasa Solidaritas di Masa Pandemi Melalui Pekan Olahraga

Memupuk Rasa Solidaritas di Masa Pandemi Melalui Pekan Olahraga

Pandemi Covid-19 yang selama 2 tahun melanda Indonesia ini menyebabkan terjadinya penurunan interaksi dan juga solidaritas di masyarakat terutama di kalangan mahasiswa. Banyak hal yang berubah dan banyak kegiatan lebih diharuskan untuk dilaksanakan secara daring guna menekan penyebaran virus. Fenomena ini menjadikan banyak orang rindu bersenang-senang dan melakukan aktivitas secara luring.

Para pemain dan suporter futsal dari Jurusan Teknik Lingkungan

Pekan olahraga yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) IST Akprind Yogyakarta pada tanggal 28-29 Mei dan tanggal 11 Juni 2022 ternyata menjadi obat rindu bagi para mahasiswa yang merindukan kegiatan secara luring. Pekan olahraga ini berisi turnamen futsal dan badminton. Untuk turnamen futsal dilaksanakan pada tanggal 28-29 Mei 2022 di Happy Bardosono Futsal. Dan untuk turnamen badminton dilaksanakan pada tanggal 11 Juni di Darmaputera Baciro yang tak jauh dari Stadion Mandala Krida.

Foto bersama para pemain badminton

Pekan olahraga ini mendapatkan feedback berupa antusiasme luar biasa dari para perwakilan mahasiswa yang berasal dari berbagai himpunan. Pada tanggal 28 Mei 2022, pertandingan futsal dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB. Terlihat para pemain dan juga supporter berdatangan, kemudian memenuhi area di sekitar lapangan futsal. Para supporter membawa berbagai perlengkapan guna menyemangati timnya masing-masing. Pada hari pertama ini dilaksanakan babak penyisihan hingga babak perempat final. Dilanjutkan pada tanggal 29 Mei 2022, babak semifinal dan final yang semakin memanas. Masing-masing dari setiap tim berusaha mempertahankan posisi untuk menjadi juara pertama. Pertandingan dimenangkan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA).

Pertandingan badminton yang juga menjadi bagian dari pekan olahraga dalam perayaan HUT HMTK tak kalah seru dibandingkan dengan pertandingan futsal. Pertandingan ini dibagi menjadi 3 partai, yakni Ganda Putra, Ganda Putri, dan Ganda Campuran. Pertandingan dimulai pada pukul 09.00 WIB yang diawali dengan babak penyisihan 1 untuk Ganda Putra dan Ganda Putri. Selain para pemain, tak lupa terdapat wasit utama, hakim garis, dan juga penghitung skor yang berada di pinggir lapangan guna menjaga keberlangsungan permainan. Pertandingan dilaksanakan hingga pukul 16.00 WIB. Masing-masing partai memiliki pemenang yang luar biasa. Untuk partai Ganda Putra dimenangkan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE), partai Ganda Putri dimenangkan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL), dan partai Ganda Campuran dimenangkan oleh Himpunan Mahasiswa Rekayasa Sistem Komputer (HIMAKOM).

Leave a Reply

Your email address will not be published.