Mempererat Kerjasama Ilmiah: IST AKPRIND Yogyakarta Sambut Hangat Delegasi UMPSA Malaysia, Termasuk Jurusan Teknik Kimia

Mempererat Kerjasama Ilmiah: IST AKPRIND Yogyakarta Sambut Hangat Delegasi UMPSA Malaysia, Termasuk Jurusan Teknik Kimia

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta dengan senang hati menerima kunjungan akademik dari Universiti Malaysia Pahang Al-Sultan Abdullah (UMPSA) Malaysia pada hari Senin, 29 Januari. Dalam pertemuan tersebut, perwakilan IST AKPRIND, termasuk Rektor Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., Wakil Rektor 3 Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom., Kepala LPPM Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.T., Kepala BP2I Ellyawan Setyo Arbintarso, S.T., M.Sc., Ph.D., Ketua Program Pendidikan Vokasi I Gusti Gde Badrawada, S.T., M.Eng., Ketua Program Studi Magister Rekayasa Mesin Prof. Dr. Anak Agung Putu Susastriawan, S.T., M.Tech., Ketua Jurusan Teknik Kimia Ir. Ganjar Andaka, Ph.D, serta dosen perwakilan dari setiap program studi lainnya turut hadir.

Dalam pidato pembukaannya, Rektor menyampaikan bahwa kunjungan ini menjadi momentum penting untuk memperkuat hubungan antara UMPSA dan IST AKPRIND yang telah terjalin sejak tahun 2018. Beliau juga berharap agar peserta pertemuan hari itu, termasuk para dosen Teknik Kimia, dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya, terutama untuk merencanakan program-program kerja sama yang akan dilaksanakan di masa mendatang.

Pemaparan materi oleh Professor Ts. Dr. Sumaiya Zainal Abidin@Murad. dari UMPSA

Tanggapan positif terhadap inisiatif kerja sama antara IST AKPRIND dan UMPSA disampaikan oleh Direktur Fluid Centre. Ia menyatakan komitmen UMPSA untuk menyelenggarakan pendidikan di bidang teknik dan teknologi yang bermutu tinggi, serta berusaha meningkatkan peringkat UMPSA baik di tingkat nasional di Malaysia maupun di tingkat internasional. Direktur Fluid Centre juga menambahkan bahwa saat ini UMPSA tengah berusaha meningkatkan jumlah publikasi dan penelitian melalui kolaborasi internasional dengan berbagai perguruan tinggi.

“Terkait dengan hal tersebut, hari ini kami berkunjung ke IST AKPRIND tidak hanya untuk saling berkenalan secara lebih mendalam, tetapi juga untuk menjalin kerja sama dalam berbagai bidang, seperti penelitian, pertukaran mahasiswa dan staf, serta dosen, termasuk dosen-dosen Teknik Kimia. Rencana kerja sama antara kedua perguruan tinggi dapat dibahas bersama,” tutupnya.

Profesor Sumaiya menegaskan bahwa peringkat perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting dalam kolaborasi internasional. Beliau menyebutkan beberapa kolaborasi internasional yang telah berhasil dijalin oleh UMPSA, termasuk Matching Grant dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Universitas Sumatera Utara (USU). Jika kerja sama dengan IST AKPRIND menggunakan mekanisme yang sama, hal ini akan melibatkan beberapa dosen dari berbagai program studi, termasuk dosen-dosen Teknik Kimia. UMPSA dengan tulus membuka diri terhadap peluang-peluang tersebut, tidak hanya terbatas pada kerja sama University to University seperti Matching Grant, tetapi juga melibatkan mobilitas staf dan mahasiswa. Poin terakhir yang disoroti adalah bahwa laboratorium di UMPSA telah dilengkapi dengan alat-alat berteknologi tinggi. (Admin.)

Leave a Reply