Melangkah dalam Jejak Industri Kimia: Kunjungan Industri Teknik Kimia IST AKPRIND Yogyakarta 2024

Melangkah dalam Jejak Industri Kimia: Kunjungan Industri Teknik Kimia IST AKPRIND Yogyakarta 2024

Pada tanggal 5-7 Februari 2024, Mahasiswa Teknik Kimia dari angkatan 2021-2023 IST AKPRIND Yogyakarta memulai perjalanan eksplorasi industri yang tak terlupakan. Ditemani oleh Bapak Bambang Kusmartono, S.T., M.T., bersama-sama menjelajahi tiga industri diwilayah Jawa Timur, yaitu PT Petrokimia Gresik, PT Petro Oxo Nusantara, dan PT Petronika. Acara ini, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK), tidak hanya memberikan wawasan mendalam tentang dunia produksi kimia, tetapi juga menjadi ajang memperkaya pengalaman mahasiswa di dunia nyata.

Para Peserta Kunjungan Industri bersama Pendamping dari Industri Foto Bersama

Selain memasuki dunia pabrik dan laboratorium, waktu luang diisi dengan keseruan di Batu Night Spectacular, Malang. Setelah melewati Ujian Akhir Semester (UAS), momen ini menjadi peluang istimewa untuk merilekskan diri dan mempererat tali kebersamaan di antara mahasiswa. Tanggapan positif dari Niza salah satu mahasiswa teknik kimia mewakili sentimen keseluruhan peserta. Ia menggambarkan kunjungan ini sebagai pengalaman yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan pengetahuan baru yang berharga. Bentuk asli reaktor, plant kimia sesungguhnya, dan suasana pabrik yang sebenarnya menjadi poin-poin penting yang berhasil kami peroleh. Liburan pasca UAS bukan hanya sekadar liburan, melainkan penjelajahan mendalam ke dalam dunia industri kimia yang sesungguhnya.

Bambang Kusmartono, S.T., M.T., sebagai dosen pendamping turut memberikan panduan teknis yang sangat berharga selama perjalanan. Kunjungan ini bukan hanya sebagai wisata belaka, melainkan kesempatan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai aplikasi ilmu kimia di lingkungan industri.

“Melangkah dalam Jejak Industri Kimia” menggambarkan perjalanan ini sebagai langkah maju bagi mahasiswa Teknik Kimia IST AKPRIND Yogyakarta. Bersinergi antara pembelajaran akademis dan pengalaman lapangan, kunjungan ini menjadi potret hidup dari keseimbangan antara keilmuan dan kebersamaan. (admin.)

Leave a Reply