Studi ekskursi merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa teknik kimia di semester 5. Studi ekskursi atau lebih dikenal kunjungan industri dilaksanakan secara rutin setiap setahun sekali oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) IST AKPRIND. Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memperkenalkan mahasiswa terhadap dunia kerja industri yang sesungguhnya dan peralatan industri kimia secara nyata.

Tahun 2017, kegiatan Studi Ekskursi (SE) mahasiswa teknik kimia berkunjung ke wilayah industri Jawa Timur. Industri yang dikunjungi antara lain PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk dan PT. TPPI (Trans-Pacific Petrochemical Indotama) yang keduanya berlokasi di Kota Tuban, Jawa Timur. Kegiatan ini diikuti oleh 49 mahasiswa teknik kimia angkatan 2015 dan 7 orang panitia dari mahasiswa angkatan 2014, serta 2 orang dosen pendamping Ibu Dewi Wahyuningtyas S.T, M.Eng dan Bapak Bambang Kusmartono S.T, M.T. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 11 – 14 September 2017, berangkat pada tanggal 11 September pukul 18.00 diawali dengan doa.

Tanggal 12 September 2017 pada pukul 09.00 WIB, kunjungan pertama di PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk disambut dengan antusias. Kegiatan diawali dengan presentasi dari perusahaan tentang sejarah, produk , cara pembuatan semen hingga menjelaskan pula tentang alat- alat yang di gunakan untuk pembuatan semen. Peserta antusias dengan paparan yang dijelaskan dan banyak pula yang bertanya, hingga mendapatkan doorprize dari pihak PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari IST AKPRIND yang diwakilkan oleh Bapak Bambang ke perusahaan dan kegiatan plan tour di area perusahaan.

Dokumentasi di PT Semen Indonesia (Persero), Tbk:

Pada pukul 13.00 WIB, kunjungan kedua di  PT. TPPI (Trans-Pacific Petrochemical Indotama) disambut dengan hangat. Peserta dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama itu mengikuti presentasi perusahaan terlebih dahulu dan kelompok kedua melakukan plan tour di area perusahaan. Setelah itu, kelompok satu dan dua saling bergantian kegiatan. Setelah kunjungan kedua industri tersebut, kegiatan berlanjut wisata ke Kota Malang.

Dokumentasi di PT. TPPI Tuban:

 

Tanggal 13 September 2017, seluruh peserta berwisata ke kebun apel Batu, Malang dilanjutkan ke alun-alun Kota Batu dan terakhir  berwisata ke Jatim Park 1 Batu, Malang hingga petang. Setelah itu, kegiatan perjalanan pulang dan tiba di kampus IST AKPRIND Yogyakarta pada 14 September 2017 pukul 04.00 WIB. Kegiatan SE 2017 berjalan lancar dan semangat. (kt)

Dokumentasi Wisata di Kota Batu, Malang:

                    

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here