IMG-20161118-WA0008
      Tim Jurusan Teknik Kimia dan Pengurus KAS

Pada hari Jum’at tanggal 18 November 2016, segenap staf pengajar dan laboran jurusan teknik kimia kembali mengadakan kunjungan kerjasama dengan salah satu pihak industri di Kecamatan Klaten Selatan, Klaten, Jawa Tengah. Kali ini, pihak industri yang diajak merupakan alumni dari Resimen Mahasiswa (MENWA) IST AKPRIND Yogyakarta yaitu Koperasi Korsa Abadi Selaras. Korsa Abadi Selaras (KAS) merupakan bentuk usaha yang bergerak dalam bidang budidaya tanaman sereh wangi /sereh merah ( Cymbopogon nardus) dan penyulingan minyak sereh. Produk utamanya adalah minyak sereh merah.

Pihak industri Korsa Abadi Selaras (KAS) diwakili Ketua KAS Bapak Kabul Subahid, S.T. menyambut baik kerjasama tersebut. Salah satu pengurus yang menjabat sebagai sekretaris juga merupakan alumni mahasiswa Teknik Kimia yaitu Ibu Sulistyo Astuti, S.T. Pihak pengurus KAS mengajak Tim Teknik Kimia untuk melihat langsung tempat pengolahan penyulingan sereh merah menjadi minyak sereh merah. Prinsip utama dalam penyulingan sereh merah adalah proses distilasi (pemisahan beberapa senyawa berdasarkan perbedaan titik didihnya). Selain itu, tim teknik kimia juga diajak melihat langsung lahan budidaya sereh merah yang tumbuh subur.

Tangki Penyulingan Minyak Sereh Merah

 

            Lahan Budidaya Tanaman Sereh Merah
IMG-20161118-WA0004
        Tim Teknik Kimia IST AKPRIND

Kerjasama yang diharapkan antara pihak Jurusan Teknik Kimia dan Korsa Abadi Selaras meliputi:

  1. Optimasi proses budidaya sereh merah melalui kegiatan penelitian bagi mahasiswa teknik kimia IST AKPRIND
  2. Optimasi proses penyulingan minyak sereh melalui kegiatan penelitian bagi mahasiswa teknik kimia IST AKPRIND
  3. Analisis mutu minyak sereh merah sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI)

Dari kerjasama tersebut, pihak KAS memperoleh keuntungan untuk optimasi prosesnya. Sedangkan jurusan teknik kimia dapat mengharapkan para mahasiswa teknik kimia akan lebih memahami teori yang telah diperoleh saat kuliah dengan prakteknya langsung di lapangan / industri. Selain itu, para mahasiswa akan lebih aktif dan bisa ikut membantu dalam penelitiannya. (ty)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here