Seiring usia instrumen pengukuran yang telah lama dan terus menerus digunakan di laboratorium, maka fungsi alat tersebut akan menurun terkait keakuratan dalam pengukuran. Proses kalibrasi terhadap alat merupakan hal yang harus dilakukan secara rutin.

Kalibrasi adalah proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur. Kalibrasi diperlukan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran yang dilakukan akurat dan konsisten dengan instrumen lainnya. Hasil pengukuran yang tidak konsisten akan berpengaruh langsung terhadap kualitas hasil keluarannya (output).

Kalibrasi Spektrofotometer UV-Vis oleh Tim PT. GGP didampingi Laboran dan Ketua Jurusan
Kalibrasi Refraktometer dan Kolorimeter dari Tim PT. GGP dibantu Laboran dan Ketua Jurusan

Pada 11 April 2019, dua tenaga ahli dari PT. Great Giant Pineapple Lampung melakukan uji kalibrasi di Laboratorium Kimia Fisika dan Kimia Organik, Jurusan Teknik Kimia. Alat yang di kalibrasi adalah refraktometer (mengukur konsentrasi bahan yang mudah terlarut), kolorimeter (mengukur warna), dan spektrofotometer uv-sible (mengukur absorbansi larutan sebagai fungsi panjang gelombang). Proses kalibrasi dibantu oleh Laboran Bu Supriyati dan Pak Arif serta didampingi Ketua Jurusan, Bu Sri Rahayu Gusmarwani.(dw)

Foto bersama Dua Tenaga Ahli Tim PT. GGP didampingi Ketua Jurusan Bu Sri Rahayu Gusmarwani (paling kiri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here