Jurusan Teknik Kimia dalam upayanya melatih mahasiswa untuk dapat meningkatkan prestasi akademik, kembali menggelar Kuliah Tamu bagi mahasiswa teknik kimia di IST AKPRIND Yogyakarta. Pada kuliah tamu kali ini agak berbeda dengan sebelumnya, kuliah tamu kali ini mengangkat tema “Hipnoterapi untuk Meraih Sukses (Lulus Tepat Waktu, IP Tinggi, dan Masa Tunggu Kerja Singkat” yang dilaksanakan pada 27 September 2018 di auditorium. Kuliah diwajibkan bagi semua mahasiswa jurusan teknik kimia dan dosen teknik kimia. Acara dihadiri sekitar 180 peserta baik dari mahasiswa dan dosen.

Kuliah tamu hipnoterapi meraih sukses

Acara dibuka oleh Ketua Jurusan Teknik Kimia Sri Rahayu Gusmarwani yang menyampaikan “Kuliah hipnoterapi sebagai salah satu cara untuk dapat bersikap tenang, lebih konsentrasi belajar, dan mengurangi stres.” Sebagai pembicara kuliah tamu didatangkan dari pakar hipnoterapi Dwi Sutarjantono (personal/brand image consultant,  professional trainer, dan master facilitator in hypnosis/ hypnotherapy coaching and mentoring).

Sambutan Ketua Jurusan Teknik Kimia

Hipnoterapi atau terapi hipnosis bukanlah hal baru bagi masyarakat Indonesia. Meski awalnya lebih dikenal di dunia hiburan, hipnoterapi juga dapat digunakan sebagai upaya mengatasi gangguan kesehatan. Hipnosis dalam hipnoterapi juga dimanfaatkan untuk mengurangi ketegangan atau membantu relaksasi. Ada juga yang menggabungkan dengan latihan pernapasan dan gerakan peregangan. Tujuan utamanya adalah untuk menenangkan diri dan mengubah kondisi psikologis menjadi lebih baik, serta mengurangi stres.

Penyampaian materi oleh Dwi Sutarjantono (Pakar hipnoterapi)

Dwi Sutarjantono menyampaikan kunci sukses seseorang ditentukan oleh 2 hal yaitu God Act dan Human Act. Human Act inilah yang perlu ditingkatkan antara lain Syukur, Pasrah, Doa, Knowledge, dan Skill. Sebagian besar manusia membuat hambatan dalam dirinya sendiri untuk meraih sukses seperti dari mind (pikiran) dan mental block (halangan karena trauma atau pengalaman buruk). Kedua hal inilah yang perlu diatasi karena pada dasarnya semua manusia sudah didesain untuk sukses sejak lahir. Cara yang dilakukan adalah membangunkan pikiran sadar (12%) dan pikiran bawah sadar (88%), dimana membangunkan pikiran bawah sadar inilah yang perlu ditingkatkan melalui hipnoterapi.

Praktek hipnoterapi ke salah satu peserta
Mahasiswa angkatan 2016 bertanya ke pemateri
Mahasiswa angkatan 2014 bertanya ke pemateri

Ada beberapa tips relaksasi yang diajarkan oleh Dwi Sutarjanto yang mudah dan dapat dilakukan dimana saja yaitu:

  1. Memejamkan mata sambil berniat fokus
  2. Menarik nafas dari hidung dan dikeluarkan lewat mulut 3 kali
  3. Merilekskan mata, kening, badan, tangan, hingga telapak kaki
  4. Menghitung mundur dari 10-1 supaya lebih dalam ke pikiran bawah sadar
  5. Mengucapkan tujuan yang mau dicapai jangka pendek dan mengulanginya 7 kali
  6. Menghitung maju dari 1-10 lalu membuka mata

    Relaksasi saat kuliah hipnoterapi

Banyak mahasiswa yang antusias bertanya dan berdiskusi terkait masalah prestasi akaademiknya dan tugas akhirnya. Semua dijawab oleh pemateri dengan baik. Acara ini diharapkan dapat mengembalikan semangat belajar mahasiswa untuk aktif, prestatif, dan inovatif. Acara diakhiri dengan foto bersama keluarga besar jurusan teknik kimia IST AKPRIND Yogyakarta. (dw)

Foto bersama pemateri dan keluarga besar teknik kimia IST AKPRIND Yogyakarta

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here