Saat memasuki dunia kerja, secara alami setiap orang memiliki niat untuk bekerja maksimal dan memberikan hasil yang baik. Tentu saja, setiap orang memiliki motivasi untuk dapat menunjukan kinerjanya dengan sebaik mungkin. Motivasi ini pun berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang memiliki motivasi tinggi, tetapi ada pula yang sedikit kekurangan motivasi. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan dilakukannya pencegahan.

Seminar Strategi Sukses Bekerja adalah salah satu contoh acara yang sangat positif untuk  mengembangkan motivasi bekerja serta strategi mahasiswa apabila nanti memasuki dunia kerja yang semakin kompetitif di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) ini.

Acara tersebut telah berlangsung pada tanggal 24 Maret 2018 di IST AKPRIND Yogyakarta. Seminar yang mengusung tema  “The Power of Spirit Untuk Sukses Bekerja” diisi oleh Pembicara profesional Bapak Edi Cahyono. Beliau adalah praktisi industri di PT. Tanjung Enim Lestari (TEL) Pulp and Paper, Entrepreneur Sego Wiwit, dan seorang motivator. Acara diawali dengan pembukaan oleh Ketua Jurusan Teknik Kimia Ibu Sri Rahayu Gusmarwani, S.T., M.T. yang menyampaikan tentang pentingnya strategi dalam meraih kerja dan menciptakan usaha (entrepreneurship) bagi mahasiswa terutama yang akan segera lulus.

Selain memberikan motivasi bagi para mahasiswa, seminar dari Bapak Edi Cahyono yang merupakan alumni dari SMK SMTI Yogyakarta, juga memberikan pelajaran mengenai cara berwirausaha yang baik dan benar. Cara yang dilakukan beliau adalah dengan memberikan tantangan kepada mahasiswa yang mengikuti seminar tersebut untuk menjual produk sederhana yaitu “pin” dengan harga antara 3.000-10.000 rupiah di lingkungan kampus.

Bapak Edi Cahyono memberikan pelatihan meningkatkan motivasi kepada mahasiswa, yang di antaranya, adalah:

  1. Penegasan diri
  2. Ubah cara pandang
  3. Keluar dari tempurung
  4. Tentukan kuota ide
  5. Ganti kebiasaan
  6. Beri otak makan
  7. Catatan ide.

Hal-hal yang disampaikan oleh beliau begitu bermanfaat bagi peserta seminar yang terdiri dari dosen, staf administrasi, dan mahasiswa teknik kimia karena dapat meningkatkan serta memperbaiki cara pandang mahasiswa mengenai dunia kerja.

Bapak Edi Cahyono memaparkan secara luas apakah manfaat dari memiliki sebuah motivasi dalam diri. Tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran motivasi sangat berperan penting dalam perjalanan karir mahasiswa, dari mulai menempuh kuliah sampai nanti mencari pekerjaan. Motivasi tak dapat dilepaskan dari jalan hidup manusia, di mana motivasi bisa memberikan dorongan serta semangat untuk menemukan tujuan hidup.

Dalam seminar ini juga dijelaskan “apa pentingnya kuliah”. Bapak Edi Cahyono menjelaskan bahwa kuliah merupakan investasi masa depan, namun faktanya masih banyak sarjana yang tidak memiliki pekerjaan setelah lulus. Lalu, bagaimana solusinya? Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memperbaiki diri menjadi insan yang rendah hati dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan kepribadian yang baik, tentunya mahasiswa juga bisa memiliki pemikiran positif dan tidak mudah menyerah. Yang kedua adalah mengenal potensi diri sendiri. Tidak banyak mahasiswa yang mau lebih mengenal potensi diri mereka sendiri, dan hanya iri dengan potensi yang dimiliki orang lain. Temukan potensi dalam diri masing-masing, karena setiap orang pasti mempunyai keistimewaannya yang berbeda dari orang lain. Yang ketiga, adalah wirausaha. Ada banyak cara sukses di dunia ini. Bukan hanya harus menjadi karyawan di kantor, tetapi juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Selain nyaman, wirausaha mempunyai banyak manfaat untuk mengembangkan potensi diri.

Selain hal-hal di atas, mahasiswa juga harus pintar menjaga kesehatan dirinya supaya dia dapat mencapai mimpi-mimpinya. Badan yang sehat akan memberikan jiwa yang kuat. Bapak Edi Cahyono mengatakan, bahwa ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan badan, yaitu: Olahraga teratur, nutrisi seimbang, cukup istirahat, dan jaga kondisi.

Harapan dari diadakannya “Seminar Strategi Sukses Bekerja” ini, nantinya mahasiswa bisa lebih mencintai dirinya sendiri dengan meningkatkan motivasi, serta menjaga kesehatan badan. Terima kasih kepada Bapak Edi Cahyono yang telah bersedia memberikan banyak ilmu serta nasehat yang semoga saja dapat memperbaiki cara pandang mahasiswa untuk tidak takut mencoba untuk menggapai mimpi-mimpinya. (annisa putika)

Dokumentasi:

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here